Persiapan Seksi Kesenian Mencapai 80 Persen

KUPANG, PK -- Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Budaya Propinsi NTT selaku koordinator seksi acara dan kesenian telah melakukan persiapan untuk menyambut acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Pebruari 2011. Persiapan mencapai 80 persen.

Kepala UPTD Taman Budaya Propinsi NTT, Dra. Yohana Lingu Lango, saat ditemui Rabu (5/1/2011) menjelaskan, pihaknya bersama pengisi acara lainnya seperti musik Sasando dan paduan suara PLN pimpinan Elias Joka berkoordinasi melakukan latihan sejak bulan November 2010, setelah dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Gubernur NTT.

Menurut Yohana, UPTD Taman Budaya sudah menyiapkan acara penjemputan Presiden RI, Susilo Bambang Yudoyono. Sesuai dengan keputusan bersama panitia, Presiden akan diterima ketika turun dari pesawat dengan tarian Hegong dari etnis Sikka. Selanjutnya, setelah masuk ke ruang VIP Bandara akan diterima dengan sapaan Natoni. Semua acara ini akan disesuaikan dengan langkah presiden dengan durasi waktu sekitar 3-4 menit. Saat Presiden di ruang VIP akan disuguhkan permainan musik Sasando Biola oleh Tiara Pingak.

Yohana mengatakan, UPTD Taman Budaya akan mengisi acara selam dua hari yakni sejak kedatangan Presiden, selama 8-9 Pebruari 2011.

Dijelaskannya, pada tanggal 8 Pebruari di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT akan dipentaskan fashion show untuk busana tradisional, lagu-lagu daerah dan tarian. Beberapa tarian yang akan dipentaskan, yakni tarian Koteklema dari etnis Lembata dan tarian Te'o Rende. Kedua tarian ini akan dipentaskan pada saat makan malam (dinner). Sedangkan, lagu-lagu daerah juga didendangkan diiringi dengan musik Sasando.

Yohana mengatakan, walau sudah mencapai 80 persen, pihaknya akan terus melakukan latihan dan pemantapan, sehingga bisa tampil dan dipentaskan dengan baik pada tanggal 8-9 Pebruari 2011.

Menurutnya, kesenian dan tari yang ditampilkan ini merupakan bagian dari upaya UPTD Taman Budaya untuk terus mempromosikan budaya daerah masyarakat NTT yang sangat unik dan beraneka ragam. UPTD Taman Budaya, katanya, akan terus mempromosikan dan melestarikan budaya daerah NTT baik yang sangat tradisional maupun yang digarap dengan modifikasi.

"Yah semua ini adalah dukungan dari UPTD Taman Budaya dalam menyongsong HPN di Kupang nanti. Kami berupaya melakukan latihan dengan maskimal sehingga bisa tampil dengan baik," katanya.

UPTD Taman Budaya, ujar Yohana, memanfaatkan momentum ini untuk bagaimana mempromosikan budaya dan pariwisata untuk menarik minat para wisatawan masuk ke daerah ini baik lokal, nasional maupun internasional.

Dikatakannya, UPTD Taman Budaya akan mengisi acara bersama dengan paduan suara dari PLN Kupang pimpinan Elias Djoka, musik sasando serta lagu-lagu daerah NTT oleh Welly Pah. Para kru dari Taman Budaya mulai melakukan latihan memainkan alat-alat musik tradisional khas NTT.

Selain itu, para penari yang merupakan asuhan dari Taman Budaya juga sibuk melakukan latihan. Para kru terlihat serius melakukan latihan yang dipantau langsung oleh Kepala UPTD Taman Budaya, Dra. Yohana Lingu Lango. (nia)

Pos Kupang 6 Januari 2011 halaman 9

Tidak ada komentar: