Ibu Negara Kunjungi Naikoten 2 dan Airnona

KUPANG, PK -- Ibu Negara, Ani Yudhoyono bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan akan mengunjungi Kelurahan Naikoten 2 dan Kelurahan Airnona, pada saat peringatan Hari Pers Nasional di Kota Kupang, selama 7 - 9 Februari 2011. Naikoten 2 dan Airnona merupakan kelurahan ramah anak.

"Sudah ada surat resmi dari kementrian pemberdayaan perempuan bahwa ibu Ani dan menteri pemberdayaan akan mengunjungi kelurahan Naikoten 2 sebagai kelurahan ramah anak dan Kelurahan Airnona karena membuat sirkuit sepeda untuk anak," ujar Lurah Naikoten 2, Ricardo Therik
Therik bersama Lurah Airnona, Yulianus Willem Pally, S.H, saat ditemui di kantor Walikota Kupang, Rabu (5/1/2010).

Menurutnya, kelurahan ramah anak yang di Kelurahan Naikoten 2 itu sudah sampai pada tingkat RT ramah anak yakni sebagai contoh RT 06.

"Ini yang pertama di Indonesia yakni sampai RT ramah anak sehingga ibu Ani ingin melihat dari dekat kondisi RT ramah anak ini," jelasnya.

Pally menyebutkan Kelurahan Airnona akan dikunjungi karena di Airnona sudah membuat program untuk membuat sirkuit sepeda untuk anak. "Dananya berasal dari pemkot sedangkan lokasinya di tanah milik warga seluas kurang lebih 1.000 meter persegi," ujarnya.

Menurutnya, dengan latihan sepeda itu sudah terbukti bagaimana anak bisa melatih emosional, melatih mengambil keputusan dengan perhitungan secara cermat pada saat kondisi terdesak.

Walikota Kupang, Drs. Daniel Adoe membenarkan adanya rencana kunjungan ibu Ani Yudhoyono dan menteri pemberdayaan perempuan kelurahan Naikoten 2 dan Airnona.

"Kelurahan Naikoten 2 berhasil sebagai kelurahan ramah anak di tingkat nasional sehingga akan dikunjungi oleh ibu Ani dan ibu menteri pemberdayaan perempuan. Keberhasilan ini membuat lurah Naikoten 2 sudah diundang ke mana-mana untuk menjadi pembicara kelurahan ramah anak. Dan pada pertengahan tahun 2011 yakni bulan Juli nanti, lurah Naikoten 2 juga akan menjadi pembicara internasional di Solo dimana yang hadir sekitar 300 peserta dari berbagai negara," jelas Walikota.

Sementara kunjungan di Airnona untuk melihat sirkuit sepeda untuk anak. "Di Indonesia baru dua daerah yang membuat sirkuit sepeda untuk anak. Untuk Kota Kupang, dananya sudah disiapkan oleh pemkot. Ini semua untuk mendukung kelurahan ramah anak. Mudah-mudahan di semua kelurahan di Kota Kupang akan menjadi kelurahan ramah anak," jelasnya. (ira)

Pos Kupang 6 Januari 2011 halaman 9

Tidak ada komentar: