LO Harus Berwawasan Luas

LIAISON Officer (LO) harus menjadi tulang punggung dalam menyukseskan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2011. Karena akan langsung berhubungan dengan tamu dan undangan dari luar NTT, seorang LO harus memiliki wawasan yang luas. Demikian dikatakan tim seleksi LO HPN 2011, Jhoni Lumba, Ronny Fernandez, Abdul Muis dan Sipri Seko dalam seleksi LO di Sekretariat KONI NTT, Jumat (7/1/2011).

Jhoni Lumba, mengatakan, LO akan menjadi orang pertama yang menyapa tamu dari luar NTT. Selain itu, kata Jhoni, LO yang akan selalu menemani peserta selama HPN berlangsung sejak berada di Kupang hingga kembali ke daerah asalnya.

"Seorang LO tidak hanya cantik dan ganteng, tetapi dia juga harus memiliki wawasan yang luas. Dia harus tahu tentang NTT terutama Kota Kupang. Semua potensi yang ada harus diketahuinya dengan jelas. Karena yang datang adalah wartawan sehingga untuk keperluan pemberitaan orang pertama yang akan dia tanya adalah pendampingnya, dalam hal ini LO," kata Jhoni.

Ronny menambahkan, tanggungjawab seorang LO adalah membuat para tamu pulang dengan puas dan senang. Selain itu, katanya, LO harus memberikan kesan kepada tamu bahwa stigma NTT miskin, terkebelakang dan lainnya yang selama ini disebut orang, sama sekali tidak benar.

"Karena akan ada utusan dari negara-negara ASEAN maka LO juga harus paham bahasa asing, minimal bahasa Inggris. Semua akan ditest kelayakannya sebelum direkrut," tambah Abdul Muis.

Koordinator LO, Sipri Seko, pada kesempatan tersebut, mengatakan, sebanyak 70 LO akan direkrut untuk membantu kelancaran tugas panitia. LO yang diseleksi, katanya, berasal dari berbagai komunitas seperti mahasiswa, dosen dan lainnya. Para LO, katanya, akan disiapkan untuk mendampingi para tamu, membantu kesekretariatan, seminar, konvensi dan lainnya.

"Kepada mereka akan diberikan bimbingan teknis dari panitia pelaksana tentang tugasnya. Karena akan ada ujian semester di kampusnya, maka bimbingan teknis akan dilaksanakan minggu ketiga bulan ini," jelasnya. (den)

Pos Kupang 8 Januari 2011 halaman 9

Tidak ada komentar: