Maklumat Bersama Bidang Kesehatan

KUPANG, PK -- Seminar sehari yang diselenggarakan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) NTT di aula El Tari Kupang, Sabtu (4/4/2009), membuahkan maklumat bersama. Maklumat itu ditandatangani bersama Ketua IAKMI NTT, Dr. dr. Hyron Fernandez, M. Kes, Ketua PWI NTT, Dion DB Putra, beberapa calon anggota legislatif dan calon anggota DPD yang hadir saat itu. 

Seminar bertajuk, "Partai Politik dan Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Berbicara Kesehatan Masyarakat NTT" bertujuan menyamakan persepsi membangun kesehatan masyarakat di NTT, terutama dalam politik anggaran dan pengawasan nanti. 

Ketua IAKMI NTT, Dr. dr. Hyron Fernandez dalam sambutannya, mengatakan, IAKMI menyadari bahwa masalah kesehatan bukan hanya tanggung jawab medis dan paramedis, dinas kesehatan atau pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama. Para caleg dan calon anggota DPD diyakini memiliki peran strategis jika terpilih dan duduk di lembaga legislatif untuk memperjuangkannya pada sidang-sidang legislatif. Apalagi DPD sudah diberi peran sebagai senator sehingga diharapkan bisa memperjuangkan anggaran dan berbagai kebutuhan akan pelayanan kesehatan masyarakat di NTT yang masih didera berbagai penyakit kronis, seperti diare, malaria, gizi buruk. Harapannya, lima sampai sepuluh tahun mendatang NTT sudah bisa menuju hidup sehat. 

Disepakati dalam maklumat itu, calon anggota legislatif dan calon anggota akan bekerja sama membangun kesehatan masyarakat NTT dalam melaksanakan segala program kesehatan yang telah ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah NTT, 2009-2013, dalam rangka memenuhi dan melindungi hak-hak kesehatan masyarakat sesuai amanat konstitusi serta investasi kemanusiaan demi peningkatan mutu manusia NTT.

IAKMI NTT dan PWI NTT sebagai ikatan profesi yang independen bersama seluruh komponen yang terkait dalam forum seminar, siap mengawal dan mendukung program kesehatan masyarakat NTT lima tahun ke depan melalui jalur profesi dan talenta masing-masing. 

Diharapkan, pihak-pihak yang menandatangani maklumat bisa menyosialisasikan kesepakatan itu dan mengimplementasikannya melalui jalur dan cara kerja serta kewenangan masing-masing demi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat NTT. (gem) 

Pos Kupang Rabu, 8 April 2009 halaman 7

Tidak ada komentar: