Gong Perdamaian Diarak Keliling Kupang

KUPANG, PK -- Gong perdamaian diarak keliling Kota Kupang, hari ini Minggu (6/2/2011). Perarakan dimulai pukul 13.00 Wita, dengan titik start halaman Kantor Walikota Kupang. Selesai diarak, gong perdamaian dipancang pada tugunya yang sudah dibangun di Taman Nostalgia.

Adapun rute perarakan, Kantor Walikota Kupang - Jalan SK Lerik- Jalan El Tari 2 - Jalan Adisucipto- Jalan Timor Raya- Jalan Ahmad Yani- Jalan Mohamad Hatta-Jalan Soeharto-Jalan Amabi- Jalan WJ Lalamentik-Bundaran Kantor Gubernur NTT-Jalan El Tari 1 belok depan Gereja Anugrah-Jalan El Tari 1- Jalan El Tari 2 - Patung Kirab Remaja dan berakhir di Taman Nostalgia.

Sekretaris Panitia Lokal Penempatan dan Peresmian Gong Perdamaian, Edjens Doeka, S.Sos, menjelaskan, arak-arakan gong perdamaian dimajukan dari jadwal sebelumnya Senin (7/2) dengan pertimbangan agar setelah arak-arakan masih ada kesempatan untuk membersihkan kota karena pada saat arak-arakan itu bisa saja orang membuang sampah sepanjang jalan.

Menurutnya, gong perdamaian akan diresmikian Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (8/2) sekitar pukul 13.00 Wita. Seusai peresmian, rombongan menuju ke Naioni untuk meresmikan rumah pintar.

Gong perdamaian merupakan karya besar legendaris sepanjang zaman. Gong tersebut terbuat dari campuran kuningan (bronze) dan perunggu.

Sekretaris Daerah Kota Kupang, Ir. Habde Adrianus Dami, M.Si, menjelaskan, gong perdamaian terdiri dari beberapa bagian, diantaranya lingkaran luar, lingkaran tengah dan lingkaran isi.

Menurutnya, lingkaran luar menampilkan logo dari 444 kabupaten/kota di Indonesia. Lingkaran tengah berisi logo 33 propinsi di Indonesia. Sementara lingkaran dalam terdapat tulisan Gong Perdamaian Nusantara, sepasang bunga pada bagian kiri-kanan dengan tulisan "Sarana Persaudaraan dan Pemersatu Bangsa Indonesia.' Lingkaran isi berisi simbol lima agama yang diakui bangsa Indonesia dan lingkaran puncak terdapat peta NKRI.

"Logo daerah Kota Kupang ditempatkan di bagian atas tengah dan ukurannya lebih besar dari logo daerah lainnya," jelas Habde Dami.

Penyerahan gong perdamaian kepada pemerintah Kota Kupang oleh Komite Perdamaian Dunai di Desa Pakis Aji, Kecamatan Plajan, Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah pada tanggal 26 Januari 2011. Sehari setelah itu, gong perdamian tiba di Kota Kupang. (ira)

Pos Kupang 6 Februari 2011 halaman 8

Tidak ada komentar: