Cagub NTT Diadu Bicara Kesehatan

Dalam Seminar yang Digelar IAKMI NTT-PWI NTT

KUPANG, PK -- Pasangan calon gubernur dan calon  wakil gubernur NTT yang akan bertarung dalam Pilgub NTT tanggal 18 Maret 2013,  bakal diadu visi-misi khususnya tentang kesehatan masyarakat. Pasangan calon yang telah dinyatakan lolos oleh KPU Propinsi NTT diundang oleh Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Wilayah Kupang dalam seminar yang akan digelar di Aula El Tari, Kupang, Sabtu (2/2/2013).

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) IAKMI NTT, Dr. dr. H.A Fernandes, M.Kes dalam jumpa pers di Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) NTT di Kupang, Selasa (29/1/2013) menjelaskan, seminar yang terselenggara atas kerja sama dengan Forum Academia NTT (FAN), PWI NTT dan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT ini digelar dalam rangka menyongsong Kongres Nasional IAKMI pada September 2013 mendatang.


"Kongres nasional adalah even tiga tahunan dan tahun 2013 ini dilaksanakan di NTT. Seminar ini juga selain karena ada hajatan pilgub NTT juga untuk menyongsong kegiatan Konas ini," jelasnya.

Dikatakannya, seminar ini bertujuan mengetahui sejauh mana visi-misi dan strategi yang dibangun para kandidat dalam upaya memajukan kesehatan masyarakat NTT lima tahun ke depan. Memberi masukan dan rekomendasi konstruktif bagi pemerintah yang terpilih dalam menghadapi tantangan dan masalah kesehatan masyarakat sebagai upaya pencapaian tujuan kesehatan dalam bingkai advokasi profesionalitas serta  menghasilkan sebuah kontrak politik dengan para cagub dan cawagub.

"Bicara kesehatan orang masih cenderung berpikir tentang pengadaan alat kesehatan dan kasus lainnya tapi orang tidak berpikir tentang kesehatan ibu dan anak, gizi buruk dan masalah kesehatan lainnya. Terkadang orang akan bicara kesehatan ketika sudah jadi masalah besar. karena itu, dengan kegiatan ini, kita ingin mengetahui sejauh mana komitmen para kandidat ini terhadap bidang kesehatan," katanya.

Dalam seminar bertema; Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT Bicara Kesehatan Masyarakat NTT, Visi, Misi, Strategi dan Program, kata Fernandez, akan didahului  pengumuman dan sosialisasi nomor urut kandidat, dilanjutkan pelantikan Pengda IAKMI NTT 2012-2015.

"Yang akan hadir pada seminar ini, para politisi, calon gubernur dan calon wakil gubernur, masyarakat umum dan panelis dari Jakarta, yakni Prof. Ascobat Gani dan Dr. Adang Bachtiar," ujarnya. (roy)

Pos Kupang  31 Januari 2013

Tidak ada komentar: