Mapilu-PWI Gelar Workshop Pemilu

KUPANG, PK --Pemantau Pemilu (Mapilu) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) wilayah NTT menggelar workshop bertajuk, "Sosialisasi Pemilu dan Pendidikan Pemilih Berbasis Jurnalistik Menuju Pemilu Damai dan Elegan" di Gedung PWI NTT, Jalan Veteran, Kupang, Sabtu (20/6/2009).

"Bersama Pengurus Nasional Pemantau Pemilu (Mapilu), PWI menggelar sosialisasi ini dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat melalui massifikasi informasi, baik melalui pendekatan media massa. Dengan demikian, media massa tidak hanya membantu menyebarluaskan informasi tentang pemilu kepada masyarakat, tetapi juga dapat menyentuh ruang privat di tengah masyarakat,"kata Ketua PWI Cabang NTT, Dion DB Putra kepada wartawan di aula kantor PWI NTT, Jumat (28/6/2009).

Dion menjelaskan, sosialisasi ini memperkuat partisipasi masyarakat terhadap proses tahapan pemilu 2009 sesuai UU yang berlaku. Sosialisasi ini juga memberi ruang kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam sosialisasi pemilu pendidikan pemilih dengan pers sebagai pilar utama.

"Mapilu dan PWI berharap kegiatan ini dapat mendorong terwujudnya pemilu yang demokratis, tertib, damai dan berkualitas. Kegiatan ini juga membantu Departemen Dalam Negeri sebagai salah satu pengemban tanggung jawab untuk menyukseskan pemilu mendatang,"kata Dion.

Dion mengharapkan workshop ini dapat membentuk pemahaman publik guna mewujudkan partisipasi masyarakat pers terhadap sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih. Selain itu mendorong terbentuknya forum publik berbasis media massa sebagai sarana partisipasi dan dukungan masyarakat pers terhadap sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih.

"Melalui kegiatan ini, kita harapkan dapat terbentuk sebuah konsep sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilu bersama pers yang dapat diberlakukan seterusnya. Konsep ini tidak terkooptasi kepentingan politik dan kekuasaan,"terang Dion.

Dion menerangkan, penciptaan wacana publik melalui karya jurnalistik dalam kaitannya dengan sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih, strategi sosialisasi pemilu, dan pemanfaatan media massa akan menjadi topik pembahasan dalam workshop ini.

Hadir sebagai pembicara, Hendra J Kede, Tarman Azzam, Octo Lupito, Zaini Bisri dan KPUD Propinsi NTT. Workshop akan dihadiri wartawan dari 30 media massa wilayah NTT baik cetak maupun elektonik.(aa)

Pos Kupang edisi Sabtu, 20 Juni 2009 halaman 6

Tidak ada komentar: